Tuzzahra, Raudya and Muchlis, Effie Efrida and Hanifah, Hanifah (2019) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C015029_RAUDYA TUZZAHRA.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C015029_RAUDYA TUZZAHRA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C015029_RAUDYA TUZZAHRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD Matematika dengan model
Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi
kriterita valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan yaitu tahap
pendefenisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Instrumen yang
digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, dan lembar efektivitas. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD matematika dengan model
Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP
Negeri 14 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (1) LKPD Matematika
termasuk dalam kategori Sangat Valid dengan skor rata-rata 4,41, dengan cara (a)
LKPD menunjukkan kebenaran dan kesesuaian urutan dengan langkah – langkah
model project based learning pada validasi materi, (b) tulisan, gambar dan
penampilan pada LKPD yang menarik serta mudah dibaca pada validasi konstruksi,
dan (c) penggunaan kalimat sederhana, jelas dan mudah dipahami serta penggunaan
kalimat Tanya dan kalimat perintah sesuai pada validasi bahasa, (2) LKPD
Matematika termasuk dalam kategori Sangat Praktis dengan skor rata-rata 4,31,
dengan cara petunjuk, langkah – langkah, gambar, dan permasalahan pada LKPD
mudah dipahami oleh peserta didik, dan (3) LKPD Matematika termasuk dalam
kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,53, dengan cara langkah – langkah
pada LKPD membimbing peserta didik memahami konsep menyelesaikan masalah,
langkah model project based learning membantu peserta didik dalam
menyelesaikan tes hasil belajar dengan persentase ketuntasan 96,55%.
Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, LKPD Matematika, Model Project
Based Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 04:45 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 04:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12713 |