Monica, Shela and Susanta, Agus and Nurul, Astuty Yensy (2019) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf [thumbnail of Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic
Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi adalah semua
siswa kelas VII SMPN 01 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel
yang dipilih adalah siswa kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen menerapkan
pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dan siswa
kelas VII 5 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan berupa essay sebanyak 7 soal.
Hasil penelitian dan pengujian hipotesis dengan nilai rata-rata kemampuan
pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen 81,34 dengan kriteria sangat baik
dan kelas kontrol 70 dengan kriteria baik. Berdasarkan uji normalitas dengan
menggunakan uji shapiro wilk dengan taraf signifikan 0,05 didapat nilai sig. 0,305
untuk kelas eksperimen dan didapat nilai sig. 0,076 untuk kelas kontrol, dengan
nilai 0,305 ˃ 0,05 dan 0,076 ˃ 0,05 maka dapat dikatakan nilai posttest kedua
kelas berdistribusi normal. Karena kedua kelas berdistribusi normal maka
dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher didapat bahwa Fhitung =
1,84 dengan Ftabel = 1,85. Karena 1,84 ˂ 1,85 maka dapat disimpulkan kedua data
homogen. Selanjutnya karena data homogen lanjut ke uji t. Hasil analisis data
dengan menggunakan uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 dengan α = 5%,
sehingga Sig. (2-tailed) < α atau 0,002 ˂ 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Realistic Mathematics
Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata kunci: pendekatan realistic mathematics education, pendekatan saintifik,
kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12715 |