Rohana, Siti and Susanta, Agus and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf [thumbnail of Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi PDF_A1C015019_ShelaMonica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model Contextual
Teaching and Learning sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 14 Kota
Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas
belajar siswa, lembar latihan pada lembar kerja siswa dan lembar tes akhir siklus.
Hasil mengelola kelas dengan menerapkan model Contexual Teaching and
Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara mengubah
susunan kelompok berdasarkan nilai akhir pada setiap siklus, membimbing siswa
untuk terlibat aktif dalam kegiatan diskusi, menegur dengan tegas dan memberi
sanksi siswa yang berjalan-jalan ke kelompok lain ketika sedang berdiskusi, dan
menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga dalam proses pembelajaran.
Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata observasi
aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 20,875; 26,375; 28,28.
Sementara hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD
yang banyak melibatkan siswa di dalam prosesnya, membimbing siswa saat
menyimpulkan hasil yang diperoleh pada tahap refleksi, dan memberi soal latihan
pada siswa di setiap pertemuan pada kegiatan penilaian autentik. Peningkatan
hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I
sampai siklus III yaitu : 63,32 ; 80,09 ; 83,11 dengan ketuntasan belajar klasikal
27,59 %, 62,06 %, 75,86 %.
Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12716 |