Agustian, Yudika and Yensy, Nurul Astuty and Hanifah, Hanifah (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN FUNGSI KOMPOSISI KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_WINDA SAFITRI_A1C015024.pdf [thumbnail of SKRIPSI_WINDA SAFITRI_A1C015024.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_WINDA SAFITRI_A1C015024.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (27MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan
apa saja yang dilakukan siswa dan mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi kelas X SMA Negeri 7 Kota
Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Sebanyak 32 siswa kelas X MIPA 5 dipilih
sebagai subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tentang
fungsi komposisi yaitu: a) Kesalahan menyelesaikan soal prasyarat tentang
operasi penjumlahan fungsi, dilakukan oleh 78.12% siswa. b) Kesalahan
menyelesaikan soal prasyarat tentang operasi pengurangan fungsi, dilakukan oleh
75% siswa. c) Kesalahan menyelesaikan soal prasyarat tentang operasi perkalian
fungsi, dilakukan oleh 75% siswa. d) Kesalahan menyelesaikan soal materi
tentang fungsi komposisi melibatkan dua fungsi, dilakukan oleh 56.25% siswa. e)
Kesalahan menyelesaikan soal materi tentang fungsi komposisi melibatkan tiga
fungsi, dilakukan oleh 46.87% siswa, dan f) Kesalahan menyelesaikan operasi
fungsi komposisi menentukan salah satu fungsi ketika nilai fungsi komposisi dan
salah satu fungsi yang lain diketahui, dilakukan oleh 71.87% siswa. Faktor-faktor
penyebab terjadinya kesalahan adalah : a) siswa kurang teliti dalam membaca
soal, b) Siswa belum menguasai konsep operasi penjumlahan, pengurangan, dan
perkalian dengan satu variabel, c) Siswa masih belum memahami perbedaan
fungsi linier, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional, d) Siswa belum paham mengenai
penjumlahan fungsi (fungsi linier, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional), e) Siswa
belum paham mengenai konsep operasi fungsi komposisi melibatkan dua fungsi,
f) Siswa masih kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, g) Siswa
belum paham mengenai konsep operasi fungsi komposisi melibatkan tiga fungsi,
dan h) Siswa belum paham mengenai konsep operasi fungsi komposisi
menentukan salah satu fungsi ketika fungsi komposisinya diketahui.
Kata Kunci : Analisis, Kesalahan, fungsi komposisi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 06:36 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12719 |