Herliza, Dya Nurli and Saparahayuningsih, Sri and Mona, Ardina (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN NURSERY RHYME TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU WITRI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Full.pdf [thumbnail of Skripsi Full.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Full.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media
pembelajaran nursery rhyme terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada
anak kelompok B PAUD Terpadu Witri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran nursery rhyme terhadap
penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini menggunakan
kelompok eksperimen (B4) berjumlah 8 anak dan kelompok kontrol (B1)
berjumlah 8 anak. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes lisan dan tes tertulis. Teknik analisis
menggunakan (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam penguasaan
kosakata bahasa Inggris (thitung 9,28 ≥ ttabel 1,895) dengan rata-rata kelompok
eksperimen 4,5 (baik) dan kelompok kontrol 4 (baik). Maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Dari hasil penelitian diperoleh, maka disarankan kepada guru untuk
dapat menggunakan media pembelajaran nursery rhyme sebagai alternatif dalam
pembelajaran untuk mengembangkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada
anak usia dini.
Kata Kunci : media pembelajaran nursery rhyme, penguasaan kosakata
bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 08:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12736 |