MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK MELALUIBERCERITA DENGAN MEDIA POP-UP BOOKPADA KELOMPOK B PAUD SAYANG BUNDA NAKAU

Zuliyani, Liska and Saparahayuningsih, Sri and Anni, Suprapti (2019) MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK MELALUIBERCERITA DENGAN MEDIA POP-UP BOOKPADA KELOMPOK B PAUD SAYANG BUNDA NAKAU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI LISKA ZULIYANI (A1I014038).pdf] Text
SKRIPSI LISKA ZULIYANI (A1I014038).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca anak melalui
bercerita dengan media pop-up book pada kelompok B PAUD Sayang Bunda
Nakau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah
12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis data menggunakan
statistik uji rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa
melalui bercerita dengan media pop-up book dapat meningkatkan minat membaca
anak. Pada aspek usaha untuk membaca kriteria cukup dilihat dari anak membaca
tidak sampai selesai, sedangkan pada aspek perasaan senang kriteria baik dilihat
dari anak membaca lebih dari satu kali, aspek pemusatan perhatian kriteria baik
dilihat dari anak mendengarkan cerita dengan fokus dan aspek emosi untuk
membaca kriteria baik dilihat dari anak membaca menggunakan ekspresi.
Implikasi dari penelitian ini adalah agar peneliti berikutnya melakukan penelitian
dengan aspek yang lain dalam minat membaca.
Kata kunci: Minat membaca. Bercerita. Media pop-up book

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:35
Last Modified: 12 Jul 2023 01:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item
View Item