MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS TENTANG BENDA PADAT DAN CAIR MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B1 PAUD IT UMMI KOTA BENGKULU

Nurlina, Nurlina and Sumarsih, Sumarsih and Wembrayarli, Wembrayarli (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS TENTANG BENDA PADAT DAN CAIR MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B1 PAUD IT UMMI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI NURLINA.pdf] Text
SKRIPSI NURLINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan sains melalui penerapan
metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data
menggunakan rumus rata-rata. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok
B1 yang berjumlah 12 anak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains. Kesanggupan anak untuk
memecahkan masalah melalui menyebutkan benda-benda yang digunakan dalam
eksperimen berada pada kriteria baik, kesanggupan anak untuk mengelompokkan
benda-benda yang dieksperimenkan berada pada kriteria baik, kesanggupan anak
dalam mengkomunikasikan hasil eksperimen juga berada pada kriteria baik. Dari
hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan sains
melalui metode eksperimen, terutama pada kemampuan mengkomunikasikan
dengan memberikan petunjuk eksperimen yang jelas, dan memberikan bimbingan
dengan lebih intensif. Kata kunci : Kemampuan Sains, Metode Eksperimen

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:25
Last Modified: 12 Jul 2023 02:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12765

Actions (login required)

View Item
View Item