PERBEDAAN HASIL BELAJAR CALISTUNG PADA ANAK SD KELAS 2 BERDASARKAN TES BUATAN GURU BAGI ANAK YANG MEMPUNYAI LATAR BELAKANG PAUD DAN NON PAUD

Zalena, Reni and Kurniah, Nina and Anni, Suprapti (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR CALISTUNG PADA ANAK SD KELAS 2 BERDASARKAN TES BUATAN GURU BAGI ANAK YANG MEMPUNYAI LATAR BELAKANG PAUD DAN NON PAUD. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI & JURNAL RENI.pdf] Text
SKRIPSI & JURNAL RENI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
calistung berdasarkan tes buatan guru antara anak yang berlatar belakang PAUD
dan non PAUD pada siswa kelas 2 di SDN 68 Kota Bengkulu. Metode penelitian
ini adalah penelitian komparatif. Subyek penelitian ini terdiri dari 32 siswa yang
berlatar belakang PAUD dan 18 sisya yang berlatar belakang non PAUD. Data
dikumpulkan melalui dokumentasi yang berupa nilai tes calistung buatan guru (tes
formatif). Data diolah dengan menggunakan uji Mann-Whitney atau U test dengan
bantuan program SPSS (Statistical Program for Social Studies) versi 16.0. Hasil
penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar calistung pada anak SD
kelas 2 berdasarkan tes buatan guru antara anak yang berlatar belakang PAUD
dan non PAUD di SDN 68 Kota Bengkulu. Rekomendari dari penelitian ini
adalah bagi orang tua yang mempunyai anak usia dini agar memasukkan anaknya
ke dalam layanan PAUD. Kata Kunci: Hasil belajar calistung, tes buatan guru, anak PAUD, anak non
PAUD

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:58
Last Modified: 12 Jul 2023 02:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12774

Actions (login required)

View Item
View Item