Wardani, Selly Anja and Saparahayuningsih, Sri and Anni, Suprapti (2019) PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD FATMA KENANGA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FIX.pdf [thumbnail of SKRIPSI FIX.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui
penerapan teknik scaffolding pada Anak kelompok A di PAUD Fatma Kenanga
Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus
terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok
A PAUD Fatma Kenanga Bengkulu yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri
dari enam orang anak laki-laki dan enam orang anak perempuan. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, data yang
dikumpulkan adalah data kemandirian anak dan data mengajar guru. Hasil
penelitian pada siklus I dalam meningkatkan kemandirian anak melalui penerapan
teknik scaffolding sebesar 41,6% dengan kriteria cukup, kemudian meningkat
pada siklus II menjadi 83% dengan kriteria baik. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa dengan menerapkan teknik scaffolding terbukti dapat
meningkatkan kemandirian anak, maka disarankan bagi guru untuk dapat
menerapkan teknik scaffolding untuk meningkatkan kemandirian anak, dan bagi
peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan kemandirian anak
menggunakan teknik atau metode yang lainnya.
Kata Kunci : Kemandirian, Teknik Scaffolding
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 03:25 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12784 |