PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU

Istiqomah, Suci Sakina and Nasirun, Nasirun and Indrawati, Indrawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SUCI.pdf] Text
SKRIPSI SUCI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model pembelajaran Project Based Learing terhadap kemampuan
pemecahan masalah pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen dengan menggunakan design Quasi Eksperimental
Design dengan design Matching Only Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B yang berjumlah
90 Anak. Teknik pengambilan sample menggunakan simple random
sampling, sample dalam penelititian ini 30 anak, yang dibagi atas 15 anak
pada kelas eksperimen dan 15 anak pada kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes.
Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji
independent sample t-test, dimana data sudah dipastikan normal dan
homogen. Hasil uji statistis independent sample t-test didapatkan nilai
sebesar 2,189, sedangkan nilai dengan taraf signifikan ( ) 5%
atau 0,05 senilai 2,16. Dikarenakan > atau 2,189 > 2,16, maka
ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini adalah
bahwa model Pembelajaran Project Based Learning berpengaruh untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini. Saran
bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti lagi tentang kemampuan
pemecahan masalah pada anak usia dini, dengan menggunakan model
pembelajaran lain.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Project Based Learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:36
Last Modified: 12 Jul 2023 03:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item
View Item