MOTIVASI PENGUSAHA KERUPUK MEMPEKERJAKAN ANAK- ANAK DALAM PEMASARAN (Studi Kasus pada Pengusaha Kerupuk di Gang Merpati 19 Rawa Makmur Kota Bengkulu)

Roliza, Ficke and Wadin, Wahiruddin and Ririn, Gusti (2019) MOTIVASI PENGUSAHA KERUPUK MEMPEKERJAKAN ANAK- ANAK DALAM PEMASARAN (Studi Kasus pada Pengusaha Kerupuk di Gang Merpati 19 Rawa Makmur Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FICKE.pdf] Text
SKRIPSI FICKE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi pengusaha kerupuk
mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran (studi kasus pada pengusaha
kerupuk di gang merpati 19 rawa makmur kota bengkulu), subjek penelitian ini
sebanyak tiga orang. penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksa keabsahan dengan menggunakan teknik
trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, motivasi
primer pengusaha kerupuk mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran yaitu
lebih banyak memperoleh keuntungan, memproduksi lebih mudah dan untuk
memenuhi kebutuhan ekonomi selain itu membantu anak-anak yang bekerja
memenuhi kebutuhannya. Kedua, motivasi sekunder pengusaha kerupuk
mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran karena anak-anak yang bekerja
tidak memilik banyak tuntutan dalam bekerja seperti kenaikan gaji atau
tuntutan lainnya. Ketiga, motivasi intrinsik pengusaha kerupuk mempekerjakan
anak-anak dalam pemasaran yaitu karena merasa kasihan kepada anak-anak
yang membutuhkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi orang
tua nya dalam kebutuhan pokok dan biaya sekolah. Keempat, motivasi
ekstrinsik pengusaha kerupuk mempekerjakan anak-anak dalam pemasaran
yaitu karena melihat seseorang pengusaha kerupuk juga mempekerjakan anak- anak dalam berjualan kerupuk memperoleh keuntungan dan kondisi lingkungan
ekonomi keluarga sulit yang membuat anak untuk bekerja.
Kata Kunci : Motivasi Pengusaha, Mempekerjakan Anak-anak, Dalam
Pemasaran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:11
Last Modified: 12 Jul 2023 08:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12839

Actions (login required)

View Item
View Item