TUGAS GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KELAS V SEKOLAH ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU)

Yunitasari, Deta and Juarsa, Osa and Pebrian, Tarmizi (2019) TUGAS GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KELAS V SEKOLAH ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tugas guru sebagai pendidik dalam
mengembangkan disiplin siswa pada proses pembelajaran pada siswa kelas V Sekolah Alam
Mahira Kota Bengkulu. Fokus penelitian ini adalah guru bertugas sebagi pendidik dengan
tiga indikator yaitu guru merencanakan pembelajaran, guru melaksanakan pembelajaran,
guru menilai hasil pembelajaran dalam mengembangkan disiplin siswa pada proses
pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalh deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah Guru
Kelas VA Sekolah Alam Mahira Kota Bengkulu. Instrument penelitian adalah human
instrument dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah
diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dengan
uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi
yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian
ini menunjukkan guru merencanakan pembelajaran dengan cara menyusun silabus dan RPP
mengacu ke jurnis RPP, guru melaksanakan pembelajaran melalui tahapan
pendahuluan, inti dan penutup, guru menilai hasil pembelajaran melalui penilaian
sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun saran penelitian ini sebaiknya guru
mempertahankan perencanaan pembelajaran, guru sebaiknya meningkatkan lagi
pelaksanaan pembelajaran, kemudian guru diharapkan selalu melakukan penilaian
sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Kata kunci: Tugas Guru, Disiplin, Kelas

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:37
Last Modified: 13 Jul 2023 03:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12909

Actions (login required)

View Item
View Item