PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV D SDN 16 KOTA BENGKULU

Afriansyah, Diki and Kustianti, Sri Ken and Neza, Agusdianita (2019) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV D SDN 16 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Diki Afriansyah A1G015048.pdf] Text
Skripsi Diki Afriansyah A1G015048.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Quantum Learning
menggunakan media manipulatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa di kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa
lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data tes menggunakan rumus
rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis
menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan
kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil rata-rata aktivitas guru siklus I diperoleh
43,75 dan siklus II diperoleh 53,5. Aktivitas siswa siklus I mendapat rata-rata 42,5
dan siklus II diperoleh 53,75. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa untuk
aspek pengetahuan siklus I 73,64 dengan ketuntasan belajar klasikal 75,67% dan
siklus II rata-rata 80,13 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,48%. Aspek sikap
teliti rata-rata skor siklus I 2,67, siklus II 2,73, sikap percaya diri siklus I 2,67
siklus II 2,76, sikap disiplin siklus I 2,66 siklus II 2,90, dan sikap rasa ingin tahu
siklus I 2,66 siklus II 3,01. Aspek keterampilan menggunakan rumus siklus I 2,60
siklus II 2,91, terampil membuat siklus I 2,65 siklus II 2,93, terampil
menggunakan media siklus I 2,57 siklus II 3,86, terampil menunjukkan hasil
siklus I 2,56 siklus II 2,82. Dengan demikian, penerapan model Quantum
Learning menggunakan media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar matematika siswa di kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Quantum Learning, Media Manipulatif, Aktivitas
Pembelajaran, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:39
Last Modified: 13 Jul 2023 03:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item
View Item