Mardalina, Eka and Hambali, Daimun and Bambang, Parmadie (2019) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI EKA MARDALINA.pdf [thumbnail of SKRIPSI EKA MARDALINA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI EKA MARDALINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture and picture
pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan 
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi 
eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control 
group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V gugus XVI Kota 
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu 
dan kelas VD SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel 
menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 53 siswa terdiri dari kelas 
VD SDN 42 Kota Bengkulu berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan 
kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. 
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan 
berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan 
posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang 
digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis 
statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil 
penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan nilai pada mata pelajaran Bahasa 
Indonesia thitung (2,23) > ttabel (1,67), dan pada mata pelajaran IPA thitung (3,60) > 
ttabel (1,67). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka 
dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model picture and picture dapat 
mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak 
menggunakan model picture and picture,sehingga dapat disimpulkan bahwa 
terdapat pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada 
pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus XIV Kota 
Bengkulu.
Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Model Picture and Picture, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:54 | 
| Last Modified: | 13 Jul 2023 03:54 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12916 | 

