PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Mardalina, Eka and Hambali, Daimun and Bambang, Parmadie (2019) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI EKA MARDALINA.pdf] Text
SKRIPSI EKA MARDALINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture and picture
pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control
group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V gugus XVI Kota
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu
dan kelas VD SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 53 siswa terdiri dari kelas
VD SDN 42 Kota Bengkulu berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan
berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan
posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil
penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan nilai pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia thitung (2,23) > ttabel (1,67), dan pada mata pelajaran IPA thitung (3,60) >
ttabel (1,67). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka
dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model picture and picture dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak
menggunakan model picture and picture,sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus XIV Kota
Bengkulu.
Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Model Picture and Picture, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:54
Last Modified: 13 Jul 2023 03:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor