Wulandari, Elin and Lusa, Herman and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ELIN WULANDARI (A1G015028).pdf [thumbnail of SKRIPSI ELIN WULANDARI (A1G015028).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ELIN WULANDARI (A1G015028).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media
manipulatif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran matematika
di kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif, dengan metode penelitian Quasi Eksperimental dan desain penelitian
The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kota Bengkulu yang
menggunakan Kurikulum 2013 dan memiliki akreditasi A. Teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh
sampel yaitu Kelas V SDN 99 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa sebagai
kelas eksperimen dan Kelas V SDN 38 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil
belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan
posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis uji-t diperoleh
thitung 2.85 dan ttabel 2.00. Secara statistik terlihat thitung > ttabel pada taraf signifikan
5%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam hasil Posttest kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat
pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)
menggunakan media manipulatif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada
pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Student Teams Achievement Division (STAD), Media
manipulatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:56 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12917 |