PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD GUGUS XIII KOTA BENGKULU

Wulandari, Windi and Dadianto, Mirzan and Hasnawati, Hasnawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD GUGUS XIII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi Windi Wulandari.pdf] Text
skripsi Windi Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning
melalui media gambar visual pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar
siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus XIII Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy
experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD gugus XIII Kota
Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.
Sampel pada penelitian ini adalah SD yang memiliki akreditasi B dan kurikulum
KTSP. Kelas V di SDN 83 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai
kelas eksperimen dan kelas V di SDN 105 dengan jumlah siswa sebanyak 26
siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua
kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji
hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji-t thitung 1,85> ttabel 1,673,
sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh discovery learning melalui
media gambar visual pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas
V SD gugus XIII Kota Bengkulu.
Kata kunci : Discovery Learning, Gambar Visual, Pembelajaran IPS, Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:02
Last Modified: 13 Jul 2023 08:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item
View Item