Wulandari, Windi and Dadianto, Mirzan and Hasnawati, Hasnawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD GUGUS XIII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi Windi Wulandari.pdf [thumbnail of skripsi Windi Wulandari.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
skripsi Windi Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning
melalui media gambar visual pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar 
siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus XIII Kota Bengkulu. Penelitian ini 
merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy 
experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control 
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD gugus XIII Kota 
Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. 
Sampel pada penelitian ini adalah SD yang memiliki akreditasi B dan kurikulum 
KTSP. Kelas V di SDN 83 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai 
kelas eksperimen dan kelas V di SDN 105 dengan jumlah siswa sebanyak 26 
siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini 
adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua 
kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data 
menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji 
hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji-t thitung 1,85> ttabel 1,673,
sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh discovery learning melalui 
media gambar visual pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas 
V SD gugus XIII Kota Bengkulu.
 Kata kunci : Discovery Learning, Gambar Visual, Pembelajaran IPS, Hasil 
Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:02 | 
| Last Modified: | 13 Jul 2023 08:02 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13000 | 

