HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 77 KOTA BENGKULU

Juliato, Eko and Yusuf, Syahril and Nani, Yuliantini (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 77 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_EKO_FIX[1].pdf] Text
SKRIPSI_EKO_FIX[1].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (variabel X)
kecerdasan emosional dengan (variabel Y) hasil belajar siswa pada mata pelajaran
PKn di kelas V Sd Negeri 77 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Penelitian
ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini 64 siswa kelas V SD Negeri 77 Kota Bengkulu tahun ajaran
2019/2020. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu angket kecerdasan emosional
dan dokumentasi berupa nilai rapor pada mata pelajaran PKn semester dua siswa
kelas V SD Negeri 77 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Penelitian diawali
dengan melaksanakan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrumen
penelitian berupa angket kecerdasan emosional. Hasil uji validitas diperoleh
bahwa, terdapat 32 item instrumen yang dinyatakan valid dari 49 item instrumen
yang diujicobakan. Hasil uji reliabilitas r11 sebesar 1,032 berdasarkan data
tersebut, maka 32 item instrumen kecerdasan emosional dinyatakan reliabel.
Setelah itu angket kecerdasan emosional disebar pada sampel sebenarnya.
Selanjutnya dilakukan uji hipotesis terhadap data angket dan dokumentasi dengan
menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis
diperoleh nilai rhitung sebesar 0,875 sedangkan nilai rtabel sebesar 0,227. Diketahui
nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel, maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan
emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SD
Negeri 77 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, PKn

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:11
Last Modified: 14 Jul 2023 02:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13085

Actions (login required)

View Item
View Item