PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS 03 KOTA BENGKULU

Suwanda, Febria and Dadi, Sri and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS 03 KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of FEBRIA SUWANDA (A1G015073).pdf] Text
FEBRIA SUWANDA (A1G015073).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus 03 Kota
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching
only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
SDN Gugus 03 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan
cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah SD yang memiliki
akreditasi B dan kurikulum KTSP. Kelas V di SDN 57 dengan jumlah siswa
sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V di SDN 17 dengan
jumlah siswa sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda.
Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran
berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji
hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung 3,60> ttabel
1,675. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus 03 Kota
Bengkulu.
Kata kunci : Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:22
Last Modified: 15 Oct 2025 01:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor