Suwanda, Febria and Dadi, Sri and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS 03 KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.
![FEBRIA SUWANDA (A1G015073).pdf [thumbnail of FEBRIA SUWANDA (A1G015073).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
FEBRIA SUWANDA (A1G015073).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri 
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus 03 Kota 
Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian 
yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching 
only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 
SDN Gugus 03 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan 
cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah SD yang memiliki 
akreditasi B dan kurikulum KTSP. Kelas V di SDN 57 dengan jumlah siswa 
sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V di SDN 17 dengan 
jumlah siswa sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan 
dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. 
Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran 
berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data 
menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji 
hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung 3,60> ttabel
1,675. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat 
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri 
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus 03 Kota 
Bengkulu.
 Kata kunci : Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:22 | 
| Last Modified: | 15 Oct 2025 01:37 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13089 | 

