PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS VII KOTA BENGKULU

Livia, Gita Arma and Dadi, Sri and Feri, Noperman (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS VII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of GITA ARMA LIVIA.pdf] Text
GITA ARMA LIVIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa
pada pembelajaran Tematik di kelas IV SD Gugus VII Kota Bengkulu. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control
group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus VII Kota
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A SDN 19 Kota Bengkulu
dan kelas IV SDN 49 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Purposive random sampling. Jumlah sampel 73 siswa terdiri dari kelas IVA SDN
19 Kota Bengkulu berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV
SDN 49 Kota Bengkulu berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal
pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk
hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t di dapatkan thitung mata pelajaran Bahasa
Indonesia sebesar 3,124 dan pada mata pelajaran IPS sebesar 2,131 dengan t�����
pada taraf signifikan 5% sebesar 1,667 dimana t����
lebih besar dari t�����. Dari
data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas
eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruhyang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray,
Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:15
Last Modified: 14 Jul 2023 03:15
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13105

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200