Livia, Gita Arma and Dadi, Sri and Feri, Noperman (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS VII KOTA BENGKULU. UNSPECIFIED thesis, Universitas Bengkulu.
![GITA ARMA LIVIA.pdf [thumbnail of GITA ARMA LIVIA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
GITA ARMA LIVIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model 
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa 
pada pembelajaran Tematik di kelas IV SD Gugus VII Kota Bengkulu. Penelitian 
ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah 
quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control 
group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus VII Kota 
Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A SDN 19 Kota Bengkulu 
dan kelas IV SDN 49 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan 
Purposive random sampling. Jumlah sampel 73 siswa terdiri dari kelas IVA SDN 
19 Kota Bengkulu berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV 
SDN 49 Kota Bengkulu berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen 
penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal 
pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk 
hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah 
lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis 
kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. 
Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t di dapatkan thitung mata pelajaran Bahasa 
Indonesia sebesar 3,124 dan pada mata pelajaran IPS sebesar 2,131 dengan t�����
pada taraf signifikan 5% sebesar 1,667 dimana t����	
 lebih besar dari t�����. Dari 
data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas 
eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat 
pengaruhyang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik 
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, 
Tematik, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:15 | 
| Last Modified: | 15 Oct 2025 01:31 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13105 | 

