Susyanti, Mersi and Dalifa, Dalifa and Resnani, Resnani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 82 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI MERSI SUSYANTI.pdf [thumbnail of SKRIPSI MERSI SUSYANTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MERSI SUSYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran siswa dan
meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV
A SDN 82 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian lembar observasi dan lembar tes.
Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase
ketuntasan belajar klasikal. Data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil
rata-rata aktivitas guru siklus I 27,5, siklus II 36 dan siklus III 42. Aktivitas siswa
siklus I rata-rata 26,5, siklus II diperoleh 34,5 dan siklus III rata-rata 44,5. Hasil
belajar siswa aspek kognitif siklus I pelajaran Bahasa Indonesia rata-rata 67,90
dengan ketuntasan belajar klasikal 61,29% dan pelajaran IPA rata-rata 68,06
dengan ketuntasan belajar klasikal 61,29%, siklus II pelajaran Bahasa Indonesia
rata-rata 74,48 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,97% dan pelajaran IPA rata�rata 73,87 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,97% dan peningkatan siklus I ke
siklus III pelajaran Bahasa Indonesia rata-rata 81,29 dengan ketuntasan belajar
klasikal 22,58% dan pelajaran IPA rata-rata 81,61 dengan ketuntasan belajar
klasikal 19,8%. .Aspek afektif rasa ingin tahu 48,38%, siklus II 70,69% dan
peningkatan siklus I ke siklus III 38,71%, kerjasama siklus I 58,06%, siklus II
70,96%, peningkatan siklus I ke siklus III 29,03%,sikap cermat dan teliti siklus I
38,70%, siklus II 51,61% dan peningkatan siklus I ke siklus III 45,17%, sikap
percaya diri siklus I 51,61%, siklus II 70,96% dan peningkatan siklus I ke siklus
III 35,48%, Aspek psikomotor menggunakan media siklus I 16,12%, siklus II
77,41% , terampil Menemukan informasi baru siklus I 9,67%, siklus II 70,96%,
terampil menunjukkan hasil siklus I 16,12%, siklus II 74,18% dan peningkatan
ketiga aspek tersebut, siklus I ke siklus III 80,65%
Kata kunci : Model Discovery Learning, Media Flipchart, Hasil Belajar,
Pembelajaran Tematik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 04:02 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 04:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13130 |