PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD SWASTA KOTA BENGKULU

Putri, Nina Ader and Dalifa, Dalifa and v, karjyati (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD SWASTA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Nina Ade Putri.pdf] Text
Skripsi Nina Ade Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Wrire (TTW) terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Swasta Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini
adalah penelitian quasy eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The
Matching OnlyPretest-Posttest Control Group Design.Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV dari 35SD Swasta Kota Bengkulu yang menerapkan
Kurikulum 2013 dan terakreditasi A. Sampel penelitian diambil menggunakan
teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas IV SDIT Iqra’ 1 Kota
Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu
sebagai kelas kontrol, dan kelas V SDIT Al-Hasanah Kota Bengkulu sebagai kelas
uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan berpikir
kritis sebagai hasil yang berjumlah 4 butir soal dalam bentuk soal uraian dan
lembar penilaian observasi untuk berpikir kritis sebagai hasil. Hasil persentase
kemampuan berpikir kritis sebagai proses menunjukkan hasil yang baik, hal ini
dapat dilihat dari hasil persentase yang diperoleh yaitu pada kategori sangat baik
43,25%, kategori baik 55% dan kategori cukup 1,75%Hasil uji-t posstest skor
didapatkan thitungMapel IPA sebesar 2,925 ttabel sebesar 1,673dan thitungMapel
Bahasa Indonesia sebesar 1,948>t-tabel sebesar 1,673artinya terdapat pengaruh
yang signifikan penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh
penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis
pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SD Swasta Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Think Talk Write(TTW), dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:19
Last Modified: 14 Jul 2023 04:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13140

Actions (login required)

View Item
View Item