PENGARUH PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS PERMAINAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KOTA BENGKULU

Agustina, Bella Tria and V. Karjiati, V. Karjiati and Feri, Noperman (2018) PENGARUH PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS PERMAINAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI BELLA TRIA AGUSTINA A1G014057.pdf] Text
SKRIPSI BELLA TRIA AGUSTINA A1G014057.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan outdoor learning
berbasis permainan bingo terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN
Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain
penelitian Quasi Eksperimental dan jenis desain The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum
dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelompok sampel. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kota Bengkulu yang
menggunakan KTSP. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA di SDN
18 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB di SDN 36
Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui
pretest dan posttest. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t gain. Data hasil penelitian yang
diolah menggunakan uji-t gain didapatkan nilai thitung sebesar 3,52 dan nilai ttabel
sebesar 1,676. Secara sistematis terlihat thitung 3,52 > ttabel 1,676 pada taraf
signifikan 5%. Maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan
outdoor learning berbasis permainan bingo sangat sesuai jika diterapkan pada
siswa dengan kemampuan lebih tinggi.
Kata kunci: Outdoor Learning, Permainan Bingo, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:41
Last Modified: 17 Jul 2023 02:41
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200