HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 19 KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Istiawan, Bopin and Lusa, Herman and Sri, Ken Kustianti (2018) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 19 KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of PDF SKRIPSI BOPIN.pdf] Text
PDF SKRIPSI BOPIN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara (variabel X) perhatian
orang tua dengan (variabel Y) motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Gugus 19
Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini
merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas V SD Gugus 19 Kecamatan Muara Bangkahulu
Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35
siswa kelas VA SD Negeri Gugus 19 Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2017/2018. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu angket perhatian orang tua
dan angket motivasi belajar. Penelitian diawali dengan melaksanakan uji validitas dan uji
reliabilitas terhadap instrumen penelitian berupa angket perhatian orang tua dan angket
motivasi belajar. Hasil uji validitas diperoleh data bahwa, terdapat 31 item instrumen
yang dinyatakan valid dari 4 item instrumen angket perhatian orang tua yang
diujicobakan dan terdapat 28 item instrumen yang dinyatakan valid dari 6 instrumen
angket motivasi belajar yang diuji cobakan. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar
0,710 untuk angket perhatian orang tua dan 0,717 untuk angket motivasi belajar.
Berdasarkan data tersebut, maka 31 item instrumen angket perhatian orang tua dan 28
item instrumen angket motivasi belajar dinyatakan reliabel. Setelah itu angket pehatian
orang tua dan motivasi belajar disebar pada sampel sebenarnya. Selanjutnya dilakukan
uji hipotesis terhadap data angket dan dokumentasi dengan menggunakan rumus
korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai r hitung sebesar 0,866
dan nilai r tabel dengan taraf signifikasi 0,05 sebesar 0,334. Diketahui nilai r hitung lebih
besar dari nilai r tabel, maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian
orang tua dengan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Gugus 19 Kecamatan
Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.
Kata kunci: Perhatian Orang Tua dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:49
Last Modified: 17 Jul 2023 02:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13269

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200