Kurniawati, Ike and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 52 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi ike kurniawati A1G014043 (2).pdf [thumbnail of skripsi ike kurniawati A1G014043 (2).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi ike kurniawati A1G014043 (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media manipulatif terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 52 Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan
adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V
SDN Kota Bengkulu yang menggunakan KTSP. Sedangkan sampelnya siswa kelas V
di SDN 52 Kota Bengkulu terdiri dari VA, VB, VC dan VD. Teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling. Dari pengacakkan didapatkan kelas
VC berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA berjumlah 29 siswa
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar
kognitif berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil
penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung sebesar 2,84 dan nilai
t tabel sebesar 1,625. Secara statistik terlihat t hitung (2,84) > t tabel (1,625) pada taraf
signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
manipulatif terhadap hasil belajar siswa pada pembelajarna matemtika kelas V SDN
52 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Media Manipulatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:12 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:12 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13318 |