PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING YANG DITERAPKAN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD KOTA BENGKULU

Refika, Lia and Winarni, Endang Widi and Feri, Noperman (2018) PENGARUH PENGGUNAAN CONCEPT MAPPING YANG DITERAPKAN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of PDF SKRIPSI LIA REFIKA.pdf] Text
PDF SKRIPSI LIA REFIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
Concept Mapping yang diterapkan pada model Problem Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran
IPA kelas V SD Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen semu dengan desain The Matching-Only
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kota Bengkulu. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Two Stage Random Sampling
sehingga diperoleh kelas VA SDN 41 Kota Bengkulu sebagai kelas
eksperimen dan kelas VB SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis
yaitu soal essay yang diberikan melalui pretest dan posttest.
Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel
independen, diperoleh nilai thitung (2,95) > ttabel (1,67) pada taraf
signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan Concept Mapping yang diterapkan pada model
Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
mata pelajaran IPA kelas V SD Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Concept Mapping, Problem Based Learning,
Kemampuan Berpikir Kritis, IPA.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:34
Last Modified: 17 Jul 2023 04:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200