Utami, Lusia and Wurjinem, Wurjinem and Hasnawati, Hasnawati (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LUSIA UTAMI.pdf [thumbnail of SKRIPSI LUSIA UTAMI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LUSIA UTAMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Gugus III kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar, pengambilan tes
sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas
sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 57 Kota
Bengkulu dan siswa kelas VB SDN 17 Kota Bengkulu. Hasil uji-t didapatkan
thitung 5,3 > ttabel 1,677. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Gugus III kota
Bengkulu.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif, TGT, Motivasi Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:36 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13327 |