Harmaida, Mutiara and Winarni, Endang Widi and V. Karjiati, V. Karjiati (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI MUTIARA HARMAIDA.pdf [thumbnail of SKRIPSI MUTIARA HARMAIDA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MUTIARA HARMAIDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (17MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model siklus belajar
(Learning Cycle) 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA
Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest
Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga
diperoleh kelas VB SD Negeri 60 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas VB SD
Negeri 51 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Ujicoba instrumen dilakukan pada kelas VI SD
Negeri 02 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes
kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian yang berjumlah 7 soal. Hasil perhitungan
uji t-test gain skor didapatkan nilai thitung sebesar 4,16 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,01
artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model siklus belajar (Learning Cycle)
5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
terdapat pengaruh penggunaan model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota
Bengkulu.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E,
Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:11 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13359 |