PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU

Herdiansyah, Octa and Hambali, Daimun and Sri, Ken Kustianti (2018) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 32 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI OCTA HERDIANSYAH (A1G013095).pdf] Text
SKRIPSI OCTA HERDIANSYAH (A1G013095).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Fotografi
terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 32
Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah Quasy experiement, dengan menggunakan
desain ‘Matching Only Posttest Control Group Design’ terdapat dua kelompok
yaitu kelompok eksperimen dank kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Negeri 32 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Cluster Random Sampling terdapat dua kelas yaitu kelas VA
berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 25 siswa
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis
karangan deskripsi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui
bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen
sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung
yaitu 2,55 lebih besar dibanding ttabel yaitu 1,68 berarti Ha diterima. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media fotografi
terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 32
Kota Bengkulu.
Kata kunci: Media Fotografi, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:29
Last Modified: 17 Jul 2023 08:29
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200