Ulandari, Sinta Dian and Gunawan, Ansyori and Feri, Noperman (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA DAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SDN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SINTA DIAN ULANDARI A1G014049).pdf [thumbnail of SINTA DIAN ULANDARI A1G014049).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SINTA DIAN ULANDARI A1G014049).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan literasi
matematika siswa antara penggunaan media pembelajaran geogebra dan media
pembelajaran manipulatif pada materi jaring-jaring bangun ruang di kelas V SDN
Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode Quasi
Eksperimental Design. Desain pada penelitian ini adalah Pretest-Posttest
Comperations Grup Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
SDN Kota Bengkulu yang berakreditasi B dan Merupakan sekolah imbas. Sampel
dalam penelitian adalah siswa kelas VA SDN 18 Kota Bengkulu sebagai
kelompok eksperimen I dan siswa kelas VB SDN 18 Kota Bengkulu sebagai
kelompok eksperimen II. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan
sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa tes dengan bentuk soal essai untuk komponen proses, pilihan
ganda untuk komponen konten, dan penugasan untuk komponen konteks. Data
hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis
inferensial yaitu uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan
nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I sebesar 25,300, nilai rata-rata pretest
kelas eksperimen II sebesar 33,710, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I
sebesar 65,710, dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II sebesar 54,530.
Hasil uji-t pretest pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II menunjukkan
nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,025. Hasil uji-t posttest pada kelas eksperimen
I dan kelas eksperimen II menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,0250.
Selanjutnya dilakukan uji-t untuk nilai gain diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,0250 artinya terdapat perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak
dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa
antara penggunaan media pembelajaran geogebra dan media pembelajaran
manipulatif pada materi jaring-jaring bangun ruang di kelas V SDN Kota
Bengkulu.
Kata kunci: Geogebra, Literasi Matematika, Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:58 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13436 |