PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi deskriptif kualitatif pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu)

Olyviani, Tiara and Yusuf, Syahril and Dwi, Anggraini (2018) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi deskriptif kualitatif pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI PDF.pdf] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan peran guru dalam menumbuhkan sikap
peduli lingkungan sekolah pada siswa kelas V Sekolah Dasar Alam Mahira Kota
Bengkulu. Fokus penelitian ini adalah guru berperan sebagai motivator, fasilitator,
informator, evaluator dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan sekolah pada
siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah
guru kelas VA Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. Instrumen penelitian
adalah human instrument dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman
wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji kredibilitas data melalui perpanjangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan
bahan referensi dan member check. Triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber,
triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu guru kelas VA
sudah menerapkan dan melakukan semua perannya dalam menumbuhkan sikap
peduli lingkungan sekolah pada siswa. Peran guru tersebut diantaranya yaitu sebagai;
1) Guru sebagai motivator memberikan dorongan semangat dalam membuang
sampah pada tempatnya, 2) Guru sebagai fasilitator menyediakan alat kebersihan di
setiap lingkungan sekolah, 3) Guru sebagai informator memberikan informasi
pentingnya membersihkan wc dan 4) Guru sebagai evaluator menilai sikap peduli
siswa dalam setiap kegiatan membersihkan kebun sekolah. Peran guru tersebut sudah
diterapkan pada masing-masing siswa.
Kata kunci: Peran Guru, Sikap Peduli, Lingkungan Sekolah.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:14
Last Modified: 18 Jul 2023 02:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200