PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PAUD (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Gugus 7 Melati Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu)

Constantia, Marzela and Sumarsih, Sumarsih and Anni, Suprapti (2018) PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PAUD (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Gugus 7 Melati Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MARZELA CONSTANTIA.pdf] Text
SKRIPSI MARZELA CONSTANTIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAUD di gugus 7 Melati
Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian 11 guru dengan masa kerja minimal 2 tahun
sampai 15 tahun. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi, dan analisis data model interaktifdari Miles dan Huberman. Hasil
penelitian yang diperoleh (1) Pelaksanaan pengembangan keprofesian
berkelanjutan guru PAUD dalam kegiatan pengembangan diri telah dilaksanakan
oleh semua guru PAUD dengan melalui diklat fungsional dan kegiatan kolektif
guru, (2) Pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAUD
dalam kegiatan publikasi ilmiah dilaksanakan guru dengan melalui presentasi
pada forum ilmiah telah dilaksanakan tiga guru, pembuatan publikasi buku dan
publikasi hasil penelitian belum terlaksana, (3) Pelaksanaan pengembangan
keprofesian berkelanjutan guru PAUD dalam kegiatan karya inovatif dilaksanakan
guru dengan melalui pembuatan teknologi tepat guna telah dilaksanakan dua guru,
menemukan atau menciptakan karya seni telah dilaksanakan enam guru, membuat
dan modifikasi alat pelajaran dan melaksanakan pengembangan penyusunan
standar, pedoman, soal dan sejenisnya telah dilaksanakan semua guru PAUD.
Implikasi dalam penelitian ini bahwa semua komponen pengembangan
keprofesian berkelanjutan masih ada yang belum dilaksanakan oleh guru,
terutama pada kegiatan publikasi buku dan publikasi hasil penelitian sehingga di
sarankan kepada dinas pendidikan atau terkait untuk menyelenggarakan pelatihan
guru tentang publikasi buku dan publikasi hasil penelitian.
Kata Kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:42
Last Modified: 18 Jul 2023 03:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13486

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor