MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK A PAUD PERTIWI I KOTA BENGKULU

Sari, Mutiara Purnama and Saparahayuningsih, Sri and Indrawati, Indrawati (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK A PAUD PERTIWI I KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Mutiara Purnama Sari (PG-PAUD) 2018.pdf] Text
Skripsi Mutiara Purnama Sari (PG-PAUD) 2018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara
melalui metode bercakap-cakap berbantuan media audio visual. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam
penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 11 orang anak yang terdiri
dari 5 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus
statistik uji rata-rata dan presentase. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa
melalui media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Rata-rata
kemampuan berbicara anak pada siklus I kriterianya cukup, pada siklus II kriteria
kemampuan menyimak anak baik. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada
peneliti berikutnya untuk meneliti dengan media lainnya, karena dengan media
audio visual (video) beberapa anak masih sulit untuk mengucapkan bunyi-bunyi
bahasa dan memperjelas verbalisme.
Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Becakap-cakap, Media Audio Visual

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:22
Last Modified: 18 Jul 2023 04:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item
View Item