MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA HURUF KONSONAN BILABIAL MELALUI METODE CANTOL ANAK KELOMPOK B PAUD TERPADU WITRI I KOTA BENGKULU

Nurliawati, Yinyin and Nasirun, Nasirun and Yulidesni, Yulidesni (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA HURUF KONSONAN BILABIAL MELALUI METODE CANTOL ANAK KELOMPOK B PAUD TERPADU WITRI I KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi lengkap Yinyin.pdf] Text
skripsi lengkap Yinyin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dalam Penelitian adalah untuk untuk meningkatkan keterampilan
membaca permulaan anak kelompok B PAUD Terpadu Witri I Kota Bengkulu
setelah dilakukan penerapan metode cantol pada tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan
pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang
berjumlah 10 orang yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.
Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data
menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa melalui metode cantol dapat meningkatkan keterampilan
membaca permulaan anak. Dari rata-rata pada siklus I yaitu 3.19 dengan kriteria
cukup ke rata-rata pada siklus II yaitu 4.73 dengan kriteria sangat baik.
Peningkatan ini dikarenakan kegiatan membaca melalui metode cantol difokuskan
pada aspek membaca yang dibatasi pada membaca kata yang berawalan konsonan
bilabial (b, p, m). Namun kegiatan membaca permulaan melalui metode cantol
akan sulit ditingkatkan jika guru kurang kreatif dalam memodifikasi
pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat
melanjutkan penelitian tentang membaca permulaan melalui metode cantol
dengan kegiatan yang lebih bervariasi.
Kata kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Metode Cantol

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:26
Last Modified: 18 Jul 2023 08:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200