STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 (TERAKREDITAS A) KOTA BENGKULU

Hasanah, Fitra and Jasma, Suardi and Parlan, Parlan (2017) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 (TERAKREDITAS A) KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FITRA HASANAH.pdf] Text
SKRIPSI FITRA HASANAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk dilakukan karena pada masa ini terjadi proses
pembentukan kepribadian. Untuk itu nilai-nilai agama dan moral perlu ditanamkan kepada
anak usia dini, agar anak terbiasa dengan nilai-nilai kebaikan dan dapat mengenal Tuhanya
yaitu Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana penanaman nilai- nilai agama Islam dan moral di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Bengkulu. Metode
penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang disajikan dalam bentuk kualitatif. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis interaktif model yang dikembangkan oleh Burhan yaitu merekdusi
data, penyajian data dan verifikasi (pengambilan keputusan / kesimpulan). Dari analisis yang
penulis lakukan terdapat penanaman nilai-nilai agama dan moral di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 1 Kota Bengkulu. Yang meliputi materi, atau nilai-nilai agama dan moral, proses,
metode, evaluasi penanaman nilai-nilai agama dan moral di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1
Kota Bengkulu meliputi penanaman nilai aqidah, penanaman nilai ibadah, dan penanaman
nilai akhlak yang disesuaikan dengan perkembangan karakteristik dan kemampuan anak
didik. Materi nilai-nilai agama dan moral ditanamkan oleh guru kepada anak didik dikelas
yaitu nilai aqidah , penanaman nilai ibadah dan nilai akhlak. Materi nilai aqidah yaitu
mengenalkan tentang rukun iman dan rukun Islam. Nilai ibadah misalnya anak didik
menirukan pelaksanaan kegiatan ibadah secara sederhana tata cara wudhu, sholat dan
mengaji. Nilai akhlak meliputi akhlak terhadap guru, orang tua , akhlak terhadap sesama, dan
akhlak terhadap alam. Pendidikan menggunakan berbagai metode pembiasaan, metode
keteladanan, metode bernyanyi, metode bercerita, metode demonstrasi dan metode
bermain.Evaluasi penanaman nilai–nilai agama dan moral sudah dilakukan yaitu dalam
penilaian tugas-tugas yang diberikan guru, pengamatan harian, dan semesteran.
Kata Kunci : Penanaman Nilai-nilai Agama Islam dan Moral Pada Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:02
Last Modified: 21 Jul 2023 03:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200