PENGELOLAAN PELAKSANAAN PELATIHAN PROGRAM PAUD DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA BENGKULU

Hasan, M. Bakri and Rizkan, Rizkan and Izzudin, Izzudin (2018) PENGELOLAAN PELAKSANAAN PELATIHAN PROGRAM PAUD DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi M.Bakri Hasan.pdf] Text
Skripsi M.Bakri Hasan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan Pelatihan
Program PAUD di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Bengkulu ini telah
berhasil dalam pelaksanaannya sesuai dengan standar keberhasilan
pelaksanaan suatu pelatihan. Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif
dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai informan penelitian yaitu
Emanasiha S.Pd (ketua pelaksanaan pelatihan) dan Liwon Susanto
(instruktur pelatihan). Hasil penelitian menunjukan: Pelaksanaan Pelatihan
Program PAUD yang diselenggarakan oleh UPTD SKB telah berhasil dalam
pelaksanaannya karena pelaksanaannya telah sesuai dengan standar
keberhasilan pelaksanaan suatu pelatihan. Pelaksanaan pelatihan Program
PAUD telah adanya ketepatan analisis kebutuhan pelatihan dan ketepatan
perencanaan program pelatihan. Pertama, pelaksanaan Pelatihan Program
PAUD sebelum pelaksanaanya telah diadakan analisis kebutuhan pelatihan
dengan langkah awal menganalisis kebutuhan dan ketertarikan para
pendidik PAUD sekota Bengkulu terhadap Program PAUD, setelah
dianalisis diketahui bahwa banyak sekali yang yang membutuhkan dan
tertarik untuk mengikuti kegiatan pelatihan Program PAUD, namun pada
kenyataannya para pendidik PAUD sekota Bengkulu sangat sedikit sekali
yang memiliki kemampuan dalam mengelola PAUD . Hal inilah yang
menjadi latar belakang mengapa diadakan pelatihan Program PAUD, karena
kemampuan mengelola PAUD sedang dibutuhkan oleh anak seusia 6 tahun.
Kedua, pelaksanaan Pelatihan Program PAUD telah adanya ketepatan
perencanaan program pelatihan yang meliputi : (a)adanya penetapan tujuan
pelatihan (b)peserta pelatihan yang telah sesuai dengan kriteria peserta yang
telah ditetapkan oleh pihak peyelenggara UPTD SKB (c)menyiapkan
instruktur pelatihan sesuai dengan kompetensinya (d)materi yang diberikan
kepada peserta pelatihan telah disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta
pelatihan (e)metode telah disesuaikan dengan bahan materi yang diajarnya
(f)silabus yang digunakan pada pelaksanaan pelatihan program PAUD ini
telah disusun berdasarkan unsur-unsur rencana pembelajara pelatihan
(g)fasilitas yang tersedia sudah lengkap sesuai dengan kebutuhan teori dan
proses pelatihan (h)telah ada penyusunan waktu dan jadwal pelaksanaan
pelatihan. ketiga, secara umum permasalahan terdapat pada kurangnya
pembinaan terhadap peserta setelah mengikuti pelaksanaan pelatihan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:31
Last Modified: 21 Jul 2023 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13733

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200