Ulfah, Puspa Mardiyah and Rizkan, Rizkan and Parlan, Parlan (2018) UPAYA PEMASARAN MAKANAN RINGAN (Studi Kasus Pada Snack Rengginang Ketan Kelompok Usaha Bersama Rafflesia di Kabupaten Bengkulu Utara). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Keterampilan dalam berwirausaha sangat diperlukan oleh masyarakat agar masyarakat lebih
mandiri dalam menciptakan lapangan kerja dan tidak bergantung pada pemerintah maupun
pihak lainnya. Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan gagasan yang dapat
memberikan pemberdayaan bagi masyarakat kecil dengan meningkatkan kualitas hidup
anggota. KUBE Rafflesia merupakan salah satu produsen makanan ringan tradisional.
Persaingan yang semakin ketat dalam memperebutkan pasar serta perubahan lingkungan yang
cepat mengharuskan KUBE Rafflesia untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar.
KUBE Rafflesia harus lebih kreatif dalam merancang dan memutuskan strategi pemasaran
yang akan diterapkan di lapangan untuk bisa mengantisipasi berbagai macam perubahan yang
akan terjadi, serta dapat terus berkompetisi dan bergerak searah dengan keinginan konsumen.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya pemasaran pada KUBE Rafflesia.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas dan reliabilitas
menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Berdasarkan analisis yang telah
dilakukan bahwa upaya pemasaran pada KUBE Rafflesia meliputi kegiatan pemasaran.
Musyawarah adalah kunci dalam setiap penentuan keputusan. KUBE Rafflesia selalu aktif
memproduksi produk-produk dengan cita rasa yang terjamin agar konsumen selalu memilih
produk yang KUBE hasilkan. Dalam strategi harga KUBE Rafflesia tidak terlalu kompetitif.
Promosi melalui kegiatan pameran dijadikan pilihan yang baik karena dianggap sebagai
tempat yang strategis. Saluran distribusinya hanya sebatas produsen-konsumen sebagai upaya
meminimalisir risiko yang ditimbulkan.
Kata Kunci: Pemasaran, Makanan Ringan, Kelompok Usaha Bersama
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 06:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 06:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13755 |