PEMANFAATAN KULIT KERANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERHITUNG PADA SENTRA SENI DI PAUD NUR AZIZ

Lestari, Selly and Jasma, Suardi and Agus, Zainal R (2017) PEMANFAATAN KULIT KERANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERHITUNG PADA SENTRA SENI DI PAUD NUR AZIZ. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SELLY LESTARI.pdf] Text
SKRIPSI SELLY LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikanPemanfaatan Kulit Kerang
Sebagai Media Pembelajaran Berhitung Pada Sentra Seni Di Paud Nur
Aziz. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua Paud Nur Aziz, dan 2 orang
guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis studi kasus dengan
langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik
trianggulasi, mulai dari trianggulasi subjek, triangulasi waktu, dan
triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paud Nur Aziz
berdiri pada tanggal 17 Juli 2006. Bahan baku kulit kerang di peroleh yaitu
dari air sungai, tawar, rawahdan laut. Yang membantu dalam mencari
bahan baku kulit kerang yaitu wali murid Paud Nur Aziz.jenis kulit kerang
kijing yang sering digunakan sebagai media pembelajaran. Langkah
membuat media kulit kerang pertama kulit kerangnya di cat atau di warnai
terlebih dahulu, setelah di warnai di jemur beberapa menit lalu kemudian
di kasih angka atau huruf sesuai tema pembelajaran di hari tersebut. Yang
membantu membuat media kulit kerang adalah anak Paud Nur Aziz.
Bentuk pelaksanaan pembelajaran pertama kita buat anak tertarik dulu
dengan apa yang akan kita gunakan sebagai media pembelajaran, kalau
mereka sudah tertarik tentu gampang kita untuk mengajak anak dalam
belajar menggunakan media kulit kerang. Tidak ada strategi khus yang
dilakukan d Paud Nur Aziz. Kendala yang di temukan anak-anak susah
untuk meahami apa yang guru sampaikan. Ketika waktu di suruh
mewarnai mereka lebih suka bermain. Cara mengatasi kendala yaitu harus
memahami keinginan anak terlebih dahulu baru nanti di ajak pelan-pelan
supaya mereka mau. faktor pendukungnya kulit kerang masih alami jadi
sangat mudah untuk di dapatkan, anak-anak juga memang suka dan
tertarik dengan kerang jadi gampang untuk mengajak mereka bejar
menggunakan media kulit kerang. faktor penghambatnya yaitu harus lebih
teliti lagi dalam mengawasi anak dalam pembelajaran berlangsung karena
di pinggiran kulit kerang tersebut lumayan tajan, jadi harus hati-hati.
Kata kunci : Pemanfaatan, Kulit Kerang, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:28
Last Modified: 21 Jul 2023 07:28
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item
View Item