Mardhatillah, Ade and Susanta, Agus and Rusdi, Rusdi (2018) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Ade Mardhatillah_A1C014012.pdf [thumbnail of Skripsi_Ade Mardhatillah_A1C014012.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Ade Mardhatillah_A1C014012.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan metode Mind
Mapping dalam model Quantum Teacing sehingga terjadi peningkatan aktivitas
dan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII F di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas, hasil belajar
afektif dan tes hasil belajar kognitif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa
Kelas VIII F SMP Negeri 7 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 yang
terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dalam model Quantum
Teacing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Peningkatan
aktivitas dapat dilihat dari rata-rata skor observasi siswa siklus I, II, dan III secara
berturut-turut yaitu 29,75 (aktif); 31,75 (aktif); dan 34 (sangat aktif). Peningkatan
hasil belajar afektif siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar
afektif klasikal pada siklus I, II, dan III berturut-turut yaitu 50% (kurang baik);
65,52% (cukup baik); dan 82,76% (sangat baik). Peningkatan hasil belajar
kognitif siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif
klasikal pada siklus I, II, dan III berturut-turut yaitu 60% (sedang) ; 68,96%
(tinggi) ; dan 86,21% (sangat tinggi).
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Mind Mapping, Model
Quantum Teaching
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 08:30 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 08:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13791 |