Julian, Arif Rahmad and Hanifah, Hanifah and Yensy, Nurul Astuty (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII 6 SMP N 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![arif skripsi.pdf [thumbnail of arif skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
arif skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika
siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan
pendekatan Saintifik di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan
Segiempat dan Segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes
hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 1
Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 33 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Discovery
Learning dengan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat
dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara
berturut-turut adalah 75,84; 77,33; dan 82,36 serta ketuntasan belajar klasikal
siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 69,69%; 78,78%; dan
84,84%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi
aktivitas belajar matematika siswa siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut�turut adalah 33,33 (kriteria cukup), 41,83 (kriteria cukup) dan 49,83 (kriteria
aktif).
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Discovery Learning,
Pendekatan Saintifik.
xviii + 271 hal; 57 gbr; 20 tbl; 26 lampiran; daftar pustaka :24 (1975-2016)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13834 |