Sinaga, Ayu Puspita and Yensy, Nurul Astuty and Maulidiya, Della (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Ayu Puspita Sinaga_A1C014005_Skripsi.pdf [thumbnail of Ayu Puspita Sinaga_A1C014005_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ayu Puspita Sinaga_A1C014005_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model
pembelajaran Quantum Learning berbantuan alat peraga pada pembelajaran
matematika sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-H SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018
dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa
perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes
hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas
belajar siswa yang dilakukan dengan cara membentuk kelompok belajar,
memberikan motivasi belajar, menggunaan alat peraga, mengarahkan siswa untuk
terlibat dalam diskusi kelompok dan memberikan apresiasi berupa pujian dan
tepuk tangan. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata skor
kedua pengamat pada lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I, siklus II
dan siklus III secara berturut-turut: 15,88 (kurang aktif), siklus II 27,50 (aktif) dan
pada siklus III meningkat hingga 40,25 (sangat aktif). Hasil belajar siswa juga
dapat ditingkatkan dengan cara melakukan apersepsi pada pertemuan sebelumnya,
membimbing dalam menemukan konsep pembelajaran melalui LKPD berbasis
quantum learning, menyalin materi pembelajaran dan memberikan soal latihan.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar
siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III 43,74, 68,29, 89,57 dengan persentase
ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III adalah 12,90%, 45,16%
dan 85,71%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Quantum Learning; Alat Peraga
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:41 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13835 |