SARI, BET SRI ANITA and Maizora, Syafdi and Hanifah, Hanifah (2018) PERBANDINGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_BET SRI ANITA SARI_A1C014030.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar 
matematika siswa yang menggunakan pendekatan Matematika Realistik lebih dari 
hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan Saintifik di SMP 
Negeri 14 Kota Bengkulu pada pokok bahasan segiempat. Jenis penelitian ini 
adalah Quasy Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian The 
Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini 
adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu tahun pelajaran 
2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling
sehingga diperoleh kelas VII 1 sebagai kelas Pendekatan Matematika Realistik
dan VII 2 sebagai kelas Pendekatan Saintifik, serta kelas VII 3 sebagai kelas uji 
coba. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa tes akhir 
(posttest) yang berbentuk tes uraian. Instrumen penelitian telah divalidasi dengan 
uji ahli. Instrument tes akhir diujicobakan di kelas uji coba, lalu dilakukan analisis 
dengan uji validasi (empiris), uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya 
pembeda soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal tes 
akhir. Hasil tes akhir menunjukkan kelas Pendekatan Matematika Realistik
dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 
79,7931 dan varians 234,456. Sedangkan kelas Pendekatan Saintifik dengan 
jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika 65,1034
dan varians 426,310. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji 
normalitas dan uji homogenitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t untuk 
sampel independen, diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa 
menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih dari hasil belajar 
matematika siswa yang menggunakan Pendekatan Saintifik di kelas VII SMPN 14
Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Hasil belajar matematika, Pendekatan Matematika Realistik, 
Pendekatan Saintifik.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:57 | 
| Last Modified: | 24 Jul 2023 06:57 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13838 | 

