Sagala, Cici Minarti and Maulidiya, Della and Rusdi, Rusdi (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_CICI MINARTI SAGALA_A1C014016.pdf [thumbnail of SKRIPSI_CICI MINARTI SAGALA_A1C014016.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_CICI MINARTI SAGALA_A1C014016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model discovery learning yang
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri
9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
subjek penelitian yaitu siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran
2017/2018 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar melalui LKS dan tes akhir tiap siklus. Aktivitas
belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok belajar, memberikan
motivasi dan teguran bagi siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran, membimbing
siswa pada tiap tahapan pengerjaan LKS, memberi kesempatan bagi siswa untuk berlatih
menggunakan alat bantu penemuan, dan mempresentasikan hasil kerja kelompok. Hasil
belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara memberikan penjelasan secara tertulis pada
uraian LKS dan lisan, memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang
kurang dipahami, membimbing siswa menggunakan alat tulis dan alat peraga yang
membantu siswa melakukan penemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa dari siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu
20,13, 22,75, dan 28,63. Peningkatan rata-rata nilai akhir siswa dari siklus I, II, dan III
secara berturut-turut yaitu 69,75, 78,78, dan 81,12 dengan persentase ketuntasan belajar
klasikal yaitu 38%, 71%, dan 88%.
Kata kunci: Discovery Learning, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13839 |