PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.2 DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Furwanto, Eko and Fachruddin, M. and Susanta, Agus (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII.2 DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI OK YES.pdf] Text
SKRIPSI OK YES.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar matematika siswa kelas VII.2 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 21
Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair
share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas
belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara: a) Memberimotivasi kepada siswa
untuk aktif dalam diskusi kelompok dan memberi teguran kepada siswa dengan
menghampiri siswa yang ribut untuk tidak melakukan keributan.; b) Memberikan
nilai tambah bagi kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi dan yang aktif
bertanya saat presentasi berlangsung. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat
dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas siswa siklus I hingga siklus III
secara berturut-turut: 15,5 (kriteria kurang aktif); 19,95 (kriteria cukup aktif); 24,5
(kriteria aktif). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara: a)
Membimbing siswa dalam kerja kelompok saat diskusi dan menekankan akan
pentingnya belajar kepada siswa agar siswa rajin belajar tidak hanya di sekolah
tetapi juga di luar sekolah.; b) Memberikan tugas membaca kepada siswa tentang
materi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya agar siswa memiliki
pengetahuan awal yang baik dalam belajar. Peningkatan hasil belajar siswa
dapatdilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dan persentase ketuntasan
belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III secara berturut-turut: 49,26;63,46;76
dan 3,3%;46,6%;83,3%.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Aktivitas Siswa,
Hasil Belajar Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:45
Last Modified: 24 Jul 2023 07:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200