Wulandari, Hesti and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![hesti wulandari A1C014058 - Skripsi.pdf [thumbnail of hesti wulandari A1C014058 - Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
hesti wulandari A1C014058 - Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian
ini adalah Quasy Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian The
Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran
2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal essai. Untuk analisis data
menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata
kelas ekspetimen adalah 84,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 79,69.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik yang
pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan
pendekatan Saintifik lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan
pembelajaran Saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan
uji-t diperoleh = 2,402 dan = 1,996 dengan α = 0,05. Karena
> maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Eksperimen, Hasil belajar, Lingkaran, Problem Based Learning,
Saintifik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:31 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 08:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13877 |