Wulandari, Hesti and Hanifah, Hanifah and Syafdi, Maizora (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
hesti wulandari A1C014058 - Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar 
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran model pembelajaran 
Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik untuk meningkatkan 
hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian 
ini adalah Quasy Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain penelitian The 
Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini 
adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 
2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 
instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal essai. Untuk analisis data 
menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata 
kelas ekspetimen adalah 84,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 79,69. 
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik yang 
pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan 
pendekatan Saintifik lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan 
pembelajaran Saintifik. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan 
uji-t diperoleh = 2,402 dan = 1,996 dengan α = 0,05. Karena 
> maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based 
Learning (PBL) dengan pendekatan Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar 
peserta didik di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Eksperimen, Hasil belajar, Lingkaran, Problem Based Learning,
Saintifik.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 24 Jul 2023 08:31 | 
| Last Modified: | 24 Jul 2023 08:31 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13877 | 

