Novianita, Lizza and Susanta, Agus and M., Fachruddin (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI LIZZA NOVIANITA .pdf [thumbnail of SKRIPSI LIZZA NOVIANITA .pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LIZZA NOVIANITA .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian
ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui
lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017 yang
berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran melalui model kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas belajar
siswa dapat dilihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I
yaitu 19,67 (kriteria cukup), siklus II yaitu 23,17 (kriteria baik), siklus III 26,17 (kriteria
baik). Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil
belajar siswa siklus I yaitu 67,40; siklus II yaitu 75,47; dan siklus III mengalami
peningkatan yaitu 82,34 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II, siklus III
secara berurut adalah 44%, 50%, dan 81,25%.
Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, kooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 09:01 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13889 |