Sutikno, Lugu and Dewi, Herawaty and Agus, Susanta (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BILANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA KELAS VII SMP N 21 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi LUGU SUTIKNO.pdf [thumbnail of Skripsi LUGU SUTIKNO.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi LUGU SUTIKNO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa dengan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan
data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek
penelitian adalah Kelas VII.7 SMP N 21 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018
berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan
berjumlah 14. Proses yang dilakukan oleh peneliti yaitu guru memberikan suatu
contoh soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Guru membentuk
kelompok belajar yang terdiri 4-5 orang. Pembentukan kelompok ini bervariasi
didasarkan pada kemampuan (hasil tes awal) dan jenis kelamin. Guru membantu
membantu kelompok yang mengalami kesulitan dan mengamati kegiatan diskusi
dalam menyelesaikan masalah. Guru meminta salah satu kelompok siswa untuk
mempresentasikan hasil kerja didepan kelas. Pada proses pembelajaran
matematika di kelas akan sangat ditentukan oleh pandangan seorang guru dan
keyakinannya terhadap matematika itu sendiri. Guru berperan sebagai fasilitator
dan motivator dalam mengoptimalkan belajar siswa (Herawaty dkk, 2016:41).
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
PBI (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan nilai
yaitu pada siklus I aktivitas siswa berada pada kategori kurang aktif dengan skor
rata-rata 10,5. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi cukup aktif
dengan skor rata-rata 15,5. Kemudian pada siklus III aktivitas siswa meningkat
menjadi aktif dengan skor rata-rata 21 dan penerapan model PBI (Problem Based
Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai yaitu pada siklus
I, nilai rata-rata siswa yaitu 60,56 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa
mencapai 33,33%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,11
dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 77,78%. Kemudian pada siklus
III, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,81 dengan ketuntasan belajar
klasikal siswa mencapai 92,59%.
Kata Kunci: Aktivitas; PBI (Problem Based Instruction); Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 09:04 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 09:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13890 |