PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG GAYA HIDUP HEDONISME PADA INSTAGRAM JAJANAN SULTAN

MAHMOEDDIN, IVAN VALDI and Mas, Agus Firmansyah and Eka, Vuspa Sari (2023) PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG GAYA HIDUP HEDONISME PADA INSTAGRAM JAJANAN SULTAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI IVAN VALDI MAHHMOEDDIN D1E01085 - Ivan valdi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Gaya hidup hedonisme merupakan suatu dorongan individu untuk berperilaku
dengan memegang prinsip kesenangan. Instagram Jajanan Sultan adalah salah satu
konten kreator yang mengulas tentang mainan mahal. Persepsi sendiri berarti
proses di mana followers Instagram Jajanan Sultan memilih, mengatur dan
menerjemahkan masukan informasi untuk menciptakan gambaran dunia yang
berarti, persepi tidak hanya tergantung pada rangsangan fisik, tetapi juga pada
hubungan rangsangan terhadap bidang yang mengelilinginya dan kondisi di dalam
setiap dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi followers
tentang gaya hidup hedonisme pada Instagram Jajanan Sultan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa (1) komponen kognitif berupa gambaran yang dipercayai oleh individu,
dalam hal ini berupa penilaian terhadap perilaku, dalam hal ini followers Intagram
Jajanan Sultan menilai bahwa Intagram Jajanan Sultan baik postingan, konten
bahkan ulasannya berkaitan dengan mainan mahal sangat disukai oleh followers,
(2) pada komponen afektif berupa perasaan yang membawa emosional, berupa
perasaan-perasaan luapan seperti mencintai, yang dalam hal ini followers
Intagram Jajanan Sultan sangat mencintai action figure atau mainan mahal
sehingga ia perlu untuk menabung lalu membeli mainan mahal tersebut. Apalagi
setelah mainan mahal tersebut sudah diulas oleh Intagram Jajanan Sultan maka
perasaan ataukeingginan tersebut semakin tinggi, dan (3) komponen konatif
berupa tindakan sesuai sikap dan kepercayaan yang dimiliki berupa ungkapan
kecintaan terhadap sesuatu yang diinginkan. Dalam hal ini followers
menggambarkan bahwa dirinya telah mengungkapakan rasa kecintaannya dengan
melakukan suatu hal tindakan berupa membeli mainan mahal yang ia sukai setelah
diulas oleh Intagram Jajanan Sultan. Konatif merupakan wujud dari kognisi dan
afeksi dalam bentuk tingkah laku, sehingga melakukan tindakan membeli mainan
mahal merupakan aspek dari konatif.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:55
Last Modified: 25 Jul 2023 01:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item
View Item