PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

RAHMAWATI, NOPRIZA and Rusdi, Rusdi and Hanifah, Hanifah (2018) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_NOPRIZA RAHMAWATI_A1C014007.pdf] Text
SKRIPSI_NOPRIZA RAHMAWATI_A1C014007.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Active
Learning Start With A Question sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIIB
SMPNegeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen
yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang
dilakukan dengan cara membentuk kelompok diskusi yang heterogen,
menggunakan bahan ajar berupa handout, membimbing untuk mengambil andil
tugas kegiatan kelompok, dan memberikan motivasi dan apresiasi berupa nilai
plus dan pujian. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada
lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut�turut: 14 (kriteria kurang); 20,375 (kriteria cukup); 26,5 (kriteria baik). Hasil
belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi
pertemuan sebelumnya, mengaitkan manfaat belajar materi melalui masalah
kontekstual, mengingatkan untuk membaca materi pertemuan selanjutnya.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata Tes Hasil Belajar
(THB) siswa siklus I sampai siklus III yaitu 54,36, 72,63, dan 81,45 persentase
ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 31,82 %, 63,64 %,
dan 81,82%.
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar, Model Active Learning Start With A
Question

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:01
Last Modified: 25 Jul 2023 07:01
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13904

Actions (login required)

View Item
View Item