Afriliasari, Santi and Fachruddin, M. and Nurul, Astuty Yensy (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Santi Afriliasari (A1C014018) SKRIPSI.pdf [thumbnail of Santi Afriliasari (A1C014018) SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Santi Afriliasari (A1C014018) SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis
kontekstual lebih dari pembelajaran Ekspositori pada materi segiempat Kelas VII
SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy experiment
(Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII.G sebagai
kelas Eksperimen dan kelas VII.F sebagai kelas Kontrol dan kelas VII.A sebagai
kelas uji coba. Pengambilan data penelitian hanya dengan menggunakan
instrumen posttest (tes hasil belajar). Instrumen penelitian telah di validasi dengan
uji Ahli. Instrumen posttest di uji cobakan di kelas uji coba, kemudian dilakukan
analisis dengan Uji Validasi, Uji Reliabilitas, Uji Daya Beda Soal dan Uji Taraf
Kesukaran untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikan soal posttest.
Hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 orang,
memperoleh rata-rata hasil belajar matematika adalah 62,61 dan varians adalah
82,618. Sedangkan kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata�rata hasil belajar matematika adalah 51,79 dan varians adalah 147,804. Uji
prasyarat analisis dengan menggunakan Uji-t untuk sampel independen, diperoleh
bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis kontekstual lebih dari
pembelajaran Ekspositori.
Kata Kunci : Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) ber
basis kontekstual, Pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:25 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13935 |