Fitriani, Tamara and Rusdi, Rusdi and M., Fachruddin (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK MATERI KPK DAN FPB PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Peserta Didik Berbasis
Permainan Tradisional Congklak Materi KPK dan FPB Pada Siswa Kelas IV SD
Negeri 99 Kota Bengkulu yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
dengan modifikasi model 4D Thiagarajan menjadi 3 tahap yaitu tahap
pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(develop) yang terdiri dari validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Validitas
dilakukan oleh dua validator. Kepraktisan LKPD diuji pada sepuluh peserta didik
di kelas IV B SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Efektifitas LKPD diuji pada tiga
puluh empat peserta didik di kelas IV A SD Negeri 99 Kota Bengkulu semester
genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penilaian terdiri dari lembar validitas,
kepraktisan dan efektifitas. Permainan Tradisional congklak salah satu permainan
yang memiliki unsur pembelajaran matematika. Permainan ini dapat membuat
peserta didik merasa lebih menyenangkan dalam proses pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Permainan
Tradisional Congklak Materi KPK dan FPB Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 99
Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (a) valid dari aspek materi, kontruksi,
dan bahasa dengan skor rata-rata 4,69; (b) sangat praktis dengan skor rata-rata
4,48; dan (c) efektifitas berdasarkan: 1) aktivitas peserta didik dengan skor rata�rata 4,41 dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata
4,55 dalam kategori sangat baik; 3) respon peserta didik dengan skor rata-rata
4,49 dalam kategori sangat baik; 5) hasil belajar peserta didik mencapai
ketuntasan klasikal.
Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Permainan Tradisional Congklak, KPK
dan FPB.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/13950 |